Latsitarda Nusantara XLI/2021 di Sumatera Utara Resmi Ditutup 

Latsitarda Nusantara XLI/2021 di Sumatera Utara Resmi Ditutup 

MAGELANG - Latsitarardanus XLI/2021 di Sumatera Utara dinyatakan ditutup/selesai, Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akpol serta mahasiswa mengikuti upacara penutupan Latsitardanus Ke XLI/2021, bertempat  di Apron Lanud Soewondo, ditutup dan di nyatakan selesai oleh inspektur upacara Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara, Sabtu [24/4/2021]. Sebagai komandan upacara Letkol Pnb Anton Pallaguna, SE., MMOAS (Dansatlak III/Elang). 

Dalam amanat Gubernur Sumut mengucapkan, ”banyak terimakasih dalam pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2021 yang ke 41, yang telah dilaksanakan dari tanggal 7 April 2021 di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Latsitarda Nusantara adalah dalam rangka memberikan kesempatan kepada para Taruna guna mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang meraka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya darmabaktinya di luar Akademi masing-masing dalam rangka selain pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di masa pandemi Covid”.

“Kegiatan Latsitarda Nusantara yang merupakan kesamaan dengan kegiatan pengabdian kapada masyarakat oleh Akademi TNI-Akpol adalah tuntutan dari standar nasional pendidikan tinggi, kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan berupa Pengabdian kapada Masyarakat”, tegas beliu.

Tema yang diangkat pada Latsitarda Nusantara tahun 2021 ini adalah “Latsitarda Nusantara XLI/2021 turut Mensukseskan Program Pemerintah dalam Pencegahan Covid-19 Dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera Utara”. Latsitarda Nusantara diiukti oleh 1031 orang, terdiri dari Taruna Akmil 227,   AAL 101, AAU 91, Akpol 283 dan Mahasiswa 100 serta 229 pendukung (Pengasuh & Pelatih, Dosen pembimbing dan Pendukung dari Akademi TNI). Peserta Latsitarda telah ditempat di beberapa daerah sasaran Latsitarda meliputi Kab. Simalungun, Kab. Langkat, Kab Deli Serdang, Kab Tebing Tinggi, Kotamadya Medan, Kotamadya Binjai dan Kotamadya Pematang Siantar. 

“Sasaran materi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para Taruna dan Mahasiswa pada Latsitarda Nusantara ke-41 tahun 2021 di Sumut berupa pekerjaan fisik atau karyabhakti meliputii perbaikan fasilitas umum (rumah ibadah, pos kamling, MCK), perbaikan rumah tidak layak huni, pembuatan jalan/pavingisasi, pengaspanal jalan, perbaikan saluran air/drainase dan sebagainya. Selain itu, ada kegiatan yang bersifat nonfisik, seperti melakukan riset sosial, penyuluhan ke desa-desa/kampung tanggung tentang pencegahan Covid-19, kesehatan, dan bahaya narkoba, promosi/pengenalan tentang Akademi TNI dan Akpol di sekolah menengah atas, penanaman nilai kejuangan kepada anak-anak sekolah, pertunjukan drum band Taruna serta melakukan kunjungan/anjang sana kepada tokoh agama dan masyarakat.”, lanjut Gub Sumut. 

Bahwa Latsitarda Nusantara merupakan salah satu kegiatan Taruna Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) dan Taruna Akpol tingkat akhir. Dimana kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah tugas akhir yang wajib harus dipenuhi oleh Taruna mengingat latihan ini sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna, sebelum para Taruna dilantik menjadi seorang perwira TNI-Polri melalui upacara Prasetya Perwira atau Praspa TNI-Polri oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2021 mendatang. [Agung]

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Previous Article

Desa Wadas, Bentrok Persoalan Quarry Belasan...

Next Article

Edukasi Protokol Kesehatan dan Larangan...

Related Posts